Tuesday, October 23, 2012

SMKN 1 Pangandaran

    SMKN PANGANDARAN dibangun pada era otonomi daerah yang memadukan antara potensi yang ada di Kabupaten Ciamis dengan Pemerintah Pusat melalui Proyek Pengembangan Pendidikan Berorientasi Keterampilan Hidup -  Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan - Dikdasmen - Departemen Pendidikan Nasional.
          Peran serta dari Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam hal ini sangat menentukan dalam pengembangan SMKN PANGANDARAN, karena dengan digulirkannya otonomi daerah ternyata dunia pendidikan juga tidak luput dari kebijakan ini.
          Maka dalam hal pengembangan SMKN PANGANDARAN memerlukan suatu perencanaan serta strategi yang sangat matang sehingga pendirian Unit Sekolah Baru ini dapat mencapai sasaran yang diharapkan terutama dapat merupakan salah satu jawaban dari visi Pemerintah Kabupaten Ciamis yaitu terciptanya masyarakat Kabupaten Ciamis yang sejahtera melalui pengembangan agrobisnis dan kepariwisataan yang andal.
          Oleh karenanya peran serta dari seluruh unsur yang terkait baik masyarakat, dunia kerja dan instansi pemerintah harus saling bantu demi kelancaran program ini.  Penelusuran kerja bagi lulusan SMK Negeri Pangandaran mutlak diperlukan, karena minat lulusan sekolah kejuruan lebih condong untuk langsung terjun ke dunia kerja.

1.     Visi Sekolah

Menjadi institusi penghasil lulusan yang berstandar nasional dan internasional tahun 2015.

2.     Misi Sekolah

  1. Melaksanakan pembelajaran secara profesional dan berwawasan mutu.
  2. Membentuk pribadi berkompetensi unggul, profesional, memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), serta dapat bersaing secara global.
  3. Mendidik pribadi supaya berakhlak mulia, berbudaya lokal, serta berwawasan lingkungan.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri serta masyarakat.
  5. Mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif bagi tumbuhnya kultur edukatif dan ilmiah.

3.     Tujuan Sekolah

  • Pada tahun 2014, 100% pembelajaran dilakukan secara profesional dan berwawasan mutu, yang diukur dari terpenuhinya persyaratan tenaga pengajar, tenaga pengajar terbiasa melakukan penelitian tindakan kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, terpenuhinya standar penilaian, dan evaluasi.
  • Pada tahun 2014 lulusan memiliki pengakuan kompetensi dari DU/DI bertarap nasional dan internasional, melengkapi dirinya dengan sertifikat profesi berstandar nasional dan internasional, serta memiliki sertifikat pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship).
  • Pada tahun 2014, siswa mendapat pengakuan dari masyarakat sebagai lulusan yang berakhlak mulia, mampu menerapkan karakter bangsa dalam kesehariannya, serta menjadi pelopor dalam kepedulian terhadap lingkungan hidup.
  • Pada tahun 2014, sekolah memiliki 40 Mou kerjasama dengan mitra nasional dan 8 MoU dengan mitra internasional.
  • Pada tahun 2014 sekolah memiliki fasilitas standar yang diperlukan untuk pembelajaran dan lingkungan sekolah tertata dengan baik serta kondusif bagi tumbuhnya kultur edukatif dan ilmiah.


    Kompetensi keahlian:
  • NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan)
  • TPHPi( Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan)
  • TKPI (Teknika Kapal Penangkap Ikan)
  • TKJ ( Teknik Komputer dan Jaringan)
  • Teknik Otomotif


Lainnya:

Komentar Via Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments:

Post a Comment